DASAR-DASAR MICROSOFT WORD 2010
Microsoft
Office 2010 merupakan perangkat lunak (software) office versi 14, yang resmi di luncurkan pada bulan
April 2010, versi ini adalah penerus ms. office yang sudah dirilis sebelumnya:
office 2000, office xp (2002), office 2003, dan office 2007.
Microsoft
office 2010 tersedia dalam beberapa paket edisi yang berbeda yaitu: edisi
starter, home and student, home and business, standard professional,
professional academic, dan professional plus. Perbedaan dalam setiap edisi
office ada pada kelengkapan aplikasi dan harganya, berikut perbedaan dari
kelengkapan aplikasinya:
Edisi Office 2010
Apalikasi di dalamny
starter
Hanya tersedia aplikasi word dan excel khusus starter edition
home and student
Word, excel, power point, onenote
home and business
Word, excel, power point, onenote, outlook
standard professional Word, excel, power point, onenote, outlook,
Publisher, access
professional academic Word, excel, power point, onenote, outlook,
Publisher, access
professional plus
Word, excel, power point, onenote, outlook,
Publisher, access, communicator, infopath, groove
Di lihat
dari tampilan dan program-program aplikasi nya Microsoft Office 2010 hampir
sama dengan Microsoft Office 2007 yang
dirancang untuk dapat bekerja sama dan berkolaborasi sebagai suatu
program aplikasi tunggal yang diharapkan mampu menyelesaikan berbagai pekerjaan
anda sehari-hari dengan lebih efisien dan efektif.
Pada modul
4 ini akan dibahas mengenai Dasar-Dasar Microsoft Word 2010. Microsoft Word
2010 merupakan salah satu program aplikasi yang berfungsi sebagai pengolah kata
(Word Processor) yang akan membantu anda mulai dari membuat surat yang
sederhana sampai membuat laporan yang lengkap dengan berbagai format tampilan,
membuat dokumen berbentuk kolom, membuat tabel, membuat dokumen atau surat yang
akan didistribusikan secara masal (mail merge), dan masih banyak lagi yang
dapat anda buat pada program aplikasi Ms. Word 2010 ini
3.1
Menjalankan Program Aplikasi Microsoft Word 2010
Untuk
memulai atau menjalankan program aplikasi Microsoft Word 2010,
langkah-langkahnya sebagai berikut :
1. Klik
tombol yang ada di taskbar
2. Plih dan
klik menu All Program > Microsoft Office> Microsoft Word 2010
3. Tunggu
sampai jendela kerja program aplikasi Microsoft Word ditampilkan
Pada saat
anda memulai program aplikasi Microsoft Word 2010, secara otomatis dokumen baru
yang masih kosong yang diberi nama Document 1 akan ditampilakan dan siap anda
gunakan.
3.2
Bagian-Bagian Jendela Microsoft Word 2010
3.3
Mengoperasikan Dokumen
3.3.1
Membuat Dokumen Baru pada Ms. Word 2010
Anda dapat membuat dokumen baru yang masih kosong,
dengan menggunakan langkah-langkah berikut ini:
1. Klik tab
File, kemudian klik New atau tekan tombol Ctrl+N pada keyboard. Kotak dialog
New
2. Pilih
dan klik Blank Document kemudian klik tombol perintah atau double klik pada Blank Document.
3. Maka
akan muncul dukumen baru yang masih kosong , anda dapat mulai mengetik dengan
keyboard (papan ketik).
3.4
Menyimpan Dokumen
Penyimpanan dilakukan agar dokumen tidak hilang
ketika komputer dimatikan, semua hasil pekerjaan anda pada program aplikasi Ms.
Word 2010,
dapat anda simpan dengan menggunakan langkah berikut
ini:
1.
Klik tab File kemudian klik Save atau Save As atau tekan tombol Ctrl+S.
2. Pilih
tempat penyimpanan dokumen, tentukan lokasi folder.
3. Pada
kotak isian File Name, ketikkan nama file yang anda inginkan.
4. Apabila
diperlukan anda dapat memilih jenis dan bentuk format penyimpanan file pada
tombol daftar pilihan Save as Type
5. Klik
tombol perintah Save
Catatan :
- Untuk
menyimpan ulang dokumen yang pernah disimpan dengan menggunakan nama yang sama
klik Save atau tekan tombol Ctrl+S pada keyboard
- Jika anda
bermaksud untuk menyimpan dokumen, yang pernah anda simpan dengan nama yang
lain/ berbeda pilih dan klik tab File lalu klik Save As
3.5 Membuka
Dokumen
Untuk membuka kembali file dokumen , yang ada atau
yang pernah dibuat sebelumnya, ikuti langkah berikut:
1. Klik tab
File , kemudian klik open atau tekan tombol Ctrl+O
2. Pada
tombol daftar pilihan Look in, pilih drive dan folder tempat dimana file
tersimpan.
Anda juga dapat membuka kembali file yang tersimpan
pada folder tertentu yang terdapat pada folder bar. Untuk menampilakan isi
folder yang ada pada folder bar, cukup dilakukan dengan cara mengklik icon
foldernya.
3. Pada
kotak isian File Name, ketikkan nama
file dokumen yang anda inginkan atau klik dua kali pada nama file yang anda
inginkan.
4. Apabila
diperlukan pada tombol daftar pilihan Files of Type , anda dapat memilih jenis
dan bentuk format penyimpanan file yang ingin ditampilakan atau dibuka
kembali
5. Klik
tombol perintah Open
3.6 Menutup
Dokumen
Apabila dokumen telah selesai dan tidak akan anda
edit lagi, anda dapat menutupnya dengan memilih dan mengklik tab File kemudian
klik tombol
3.7
Mengakhiri Penggunaan Program Aplikasi Ms. Word 2010
Setelah anda selesai bekerja dengan program aplikasi
Microsoft Word 2010, anda dapat
mengakhirinya dengan menggunakan langkah berikut:
1. Simpan
dokumen, yang sudah anda buat.
2. Klik tab
File, kemudian klik tombol atau
klik tombol yang berada dipojok kanan atas jendela
kerja.
3. Tunggu
sampai jendela program aplikasi Ms. Word 2010 ditutup.
3.8
Mengatur Format Teks dan Paragraf Pada Microsoft Word 2010
3.8.1
Mengatur Format karakter atau Teks
3.8.1.1
Mengatur Format karakter atau Teks Dengan Group Font
Untuk mengatur format karakter atau teks yang telah
anda ketik, ikuti langkah berikut ini:
1. Plih
atau sorot format karakter atau teks yang akan anda atur formatnya.
2. Pada Tab
Home, dalam Group Font, klik salah satu tombol perintah pengaturan format
karakter atau teks. Contoh : Gambar 3.3
3.8.1.2
Mengatur Format karakter atau Teks Dengan Kotak Dialog Font
Selain dengan cara diatas, anda juga dapat
menggunakan kotak dialog Font untuk mengatur format karakter atau teks.
Langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Plih
atau sorot karakter atau teks yang akan anda format
2. Pada Tab
Home, dalam Group Font, klik Font
Dialog Box Launcher yang berbentuk icon kecil yang ada disudut kanan bawah.
Kotak Dialog Font akan ditampilkan Lihat gambar 3.4
3. Pada
kotak Dialog tersebut, klik Tab Font untuk mengubah format tampilan karakter
4. Pada
kotak daftar pilihan Font, pilih dan klik font yang anda inginkan
5. Pada
kotak daftar pilihan Font Style, pilih dan klik gaya tampilan karakter yang
anda inginkan.
6. Pada
kotak daftar pilihab Size, pilih dan klik ukuran karakter yang anda inginkan
atau ketik ukuran yang anda inginkan pada kotak isiannya.
7. Pada
tombol daftar pilihan Font Color, pilih warna karakter yang anda inginkan
8. Pada
tombol daftar pilihan Underline Style, pilih jenis garis bawah yang anda
inginkan. Jika perlu, pada tombol daftar pilihan Underline color, pilih warna
garis bawah yang anda inginkan
9. Beri
tanda atau klik kotak cek efek yang anda inginkan pada bagian Effects
10. Klik
OK.
3.9
Menyisipkan Simbol
Untuk menyisipkan simbol khusus pada dokumen, ikuti
langkah-langkah berikut ini:
1.
Tempatkan kursor ditempat anda akan menyisipkan simbol
2. Pada Tab
Insert, dalam Group Symbols, klik
Symbol. Kotak pemilihan simbol akan ditampilkan
3. Pada
kotak dialog tersebut, pilih dan klik simbol yang anda inginkan, jika tidak ada
simbol yang sesuai klik More Symbol
4. Untuk
menyisipkan simbol yang telah anda pilih, klik tombol perintah Insert atau klik
dua kali pada simbol yang anda inginkan
3.10
Menggunakan Drop Cap
Drop Cap atau dropped capital letter adalah karakter
atau karakter pertama dalam paragraf yang ditampilak lebih besar dan mencolok.
Untuk memberikan drop cap pada awal paragra, langkahnya:
1. Pilih
atau sorot karakter atau karakter pertama dari paragraf yang akan anda jadikan
drop cap
2. Pada Tab
Insert, dalam Group Text, klik Drop
Cap. Kotak pemilihan drop cap akan ditampilkan.
3. Pada
kotak pemilihan tersebut, pilihdan klik drop cap yang anda inginkan. Jika tidak
ada drop cap yang sesuai, klik
4. Pada
bagian Position, pilih dan klik bentuk drop cap yang anda inginkan
5. Pada
bagian Option anda dapat melakukan berbagai pengaturan pada drop cap tersebut
6. Klik OK
3.11
Mengatur Perataan Teks dalam
Paragraf
Perataan teks dalam paragraf dapat dilakukan dengan
posisi rata sisi kiri (left align), rata sisi kanan (right align), di tengah
(center) dan rata sisi kiri dan kanan (justify). Untuk mengatur parataan teks
langkahnya adalah:
1. Pilih
dan tempatkan kursor pada paragraf yang akan anda atur perataannya
2. Pada Tab
Home, dalam Group Paragraph, klik salah satu tombol perintah pengaturan
perataan teks berikut ini:
Align
Left atau tekan tombol Ctrl+L, untuk perataan kiri
Centered atau tekan tombol Ctrl+E untuk penempatan di Tengah
Align
Right atau tekan tombol Ctrl+R, untk perataan kanan
Justify
atau tekan tombol Ctrl+J, untuk perataan dikiri dan kanan
Selain menggunakan cara di atas, anda dapat juga
melakukan pengaturan perataan teks dengan langjah sebagai berikut:
1. Pilih
dan tempatkan kursor pada paragraf yang
akan anda atur perataannya
2. Pada Tab
Home, dalam Group Paragraph klik
Paragraph Dialog Box Launcher yang berbentuk icon kecil yang ada disudut
kanan bawah.
3. Pada
kotak dialog tersebut klik tab Indents and Spacing
4. Pada
tombol daftar pilihan Alignment, pilih perataan teks yang anda inginkan.
5. Klik OK
3.12
Mengatur Tabulasi (Tab Stop)
Untuk mengatur pemasangan tab stop, langkahnya:
1.
Tempatkan kursor pada posisi awal penggunaan tab stop
2. Pada Tab
Home, dalam Group Paragraph, klik
Paragraph Dialog Box Launcher yang berbentuk icon kecil yang ada disudut
kanan bawah.
3. Pada
kotak Dialog Paragraph, klik tombol perintah Tabs.Kotak dialog Tabs akan
ditampilakan.
4. Pada
kotak isian Tab stop position, ketik posisi tab stop yang anda inginkan
5. Pada
bagian Alignment, beri tanda atau klik salah satu tombol pilihan
6. Pada
bagian Leader, beri tanda atau klik salah satu tombol pilihan
7. Klik
tombol perintah set, untuk memasang tab stop tersebut pada garis mistar
8. ulangi
langkah 3 sampai 6 untuk memasang tab stop lainnya
9. Jika
perlu klik tombol perintah clear untuk menghapus tab stop tertentu yang tidak
dibutuhkan lagi atau klik tombol perintah clear all untuk menghapus seluruh tab
stop yang telah terpasang
10. klik OK
3.13 Mengatur
Jarak Spasi Baris
Untuk mengatur jarak spasi baris pada paragraf
tertentu, ikuti langkah berikut:
1. Pilih
atau tempatkan kursor pada paragraf yang akan anda atur jarak spasinya
2. Pada Tab
Home dalam group paragraph klik Line
Spacing. Kotak pemilihan jarak spasi baris akan ditampilkan
3. Pada
kotak pemilihan tersebut , pilih dan klik jarak spasi baris yang anda inginkan
4. Klik OK
3.14 Page
Setup
3.14.1
Mengatur Ukuran Kertas
Untuk mengatur ukuran kertas yang akan digunaka, ikuti
langkah berikut ini:
1. Pada Tab
Page Layout, dalam Group Page Setup klik
Size.
2. Pada
kotak pilihan ukuran kertas yang ditampilakan, pilih dan klik ukuran kertas
yang anda gunakan
3. Apabila
ukuran kertas yang akan digunakan tidak ada yang sesuai anda dapat melakukan
pemilihan dan pengaturan ukuran kertasdengan cara mengklik
4. Pada
bagian Paper Size, lakukan pemilihan kertas atau gunakan kotak Widht untuk
menentukan lebar kertas dan kotak Height untuk menentukan tinggi kertas sesuai
dengan keinginan anda
5. Klik OK
3.14.2
Mengatur Orientasi Kertas
Untuk mengatur posisi atau orientasi kertas yang
digunakan ikuti langkah berikut:
1. Pada Tab
Page Layout, dalam Group Page Setup klik
Orientation. Dengan langkah ini kotak pemilihan orientasi kertas
ditampilkan
2. Pada
kotak pemilihan orientasi kertas, klik salah satu pilihan yang anda inginkan
3.14.3
Mengatur Batas Margin
Untuk mengatur batas margin yang akan digunakan,
ikuti langkah berikut ini:
1. Pada Tab
Page Layout, dalam group Page Setup, klik
Margin. Maka kotak pemilihan batas margin ditampilkan
2. Pada
kotak pemilihan tersebut, klik salah satu pilihan batas margin yang ingin anda
gunakan
3. Apabila
batas margin yang akan digunakn tidak ada yang sesuai, anda dapat melakukan
pemilihan dan pengaturan batas margin dengan cara mengklik maka kotak dialog page setup – Tab Margin
akan tampil
4. Pada
bagian Margins, tentukan jarak batas margin yang anda inginkan diantaranya :
Top, Bottom, Left, Right
5. Klik OK
3.15 Page
Number (Memberi Nomor Halaman)
Word 2007 menawarkan berbagai alternatif dan
kemudahan dalam menempatkan dan menampilkan nomor halaman. Nomor halaman yang
anda teempatkan juga merupakan bagian dari Header dan Foote. Untuk memasang
nomor halaman pada dokumen anda, ikuti langkah berikut:
1. Pada Tab
Insert, dalam Group Header & Footer, klik
Page Number. Maka kotak pemilihan penempatan nomor halaman akan tampil.
2. Dengan
kotak pemilihan penempatan nomor halaman tersebut anda dapat memilih letak
halaman yang anda inginkan
3. Untuk
pengaturan penempatan nomor halaman lebih lanjut, pilih dan klik
4. Pada
kotak daftar pilihan Number format, pilih dan klik bentuk format penomoran yang
anda inginkan
5. Jika
ingin dilengkapi atau diawali BAB atau Chapter beri tanda atau klik kotak cek
Include Chapter Number. Kemudian tentukan Style dan separator yang ingin anda
gunakan
6. Pada
bagian Page Numbering, tentukan apakah penomoran halaman ingin melanjutkan
penomoran sebelumnya atau penomoran halaman dimulai dengan angka awal halaman
tertentu
7. Klik OK
8. Untuk
menghapus penomoran halaman, pada Tab Insert dalam Group Header&Footer
klik Page Number. Kemudian pilih dan
klik
No Response to " "
Posting Komentar